5 hewan purba yang telah punah di Indonesia

ternyata Indonesia pernah ditinggali hewan-hewan purba yang menakjubkan, meskipun mereka sudah punah, kita masih bisa melihat fosil-fosil yang ditinggalkan, langsung aja ya....


1. Kura-kura Atlas
Hasil Rekonstruksi wujud aslinya
fosil kura-kura atlas

     Kura-kura Atlas (Colossochelys atlas) adalah spesies kura-kura/penyu yang punah sekitar 10.000 tahun SM. Spesies ini ditemukan (dalam fosil) dan dideskripsikan pertama kali pada 1837. Kura-kura ini punah pada masa Miosen-Pleistosen yaitu ketika Zaman es mulai mengering yang dimulai dari India Bara dan Pakistan dan bergerak menuju Sulawesi dan Pulau Timor di Indonesia.
2. Tikus Raksasa Buhler
 
http://farm5.staticflickr.com
     Spesies dengan nama latin Coryphomys buehleri ini pertama kali dikenal lewat penemuan sub-fosilnya di pulai Timor, NTT, Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, spesies ini masih memiliki hubungan kerabat dengan spesies tikus di Papua Nugini.
 
3. Tikus Gua Flores
 
(ilustrasi) http://jandacek.com

     Sebelum kepunahanya pada 1500, tikus ini tinggal di Pulau Flores, Indonesia. Tikus ini hanya diketahui lewat penemuan sedikit sub-fosilnya. Dan tikus ini merupakan satu-satunya anggota dari genus Spelaeomys.
 
4. Stegodon
 
Hasil Rekonstruksi Wujud aslinya
Fosil kepala dan gading stegodon
     Stegodon berasal dari bahasa yunani yaitu "stegein" yang berarti menutupi dan "odous" yang berarti gigi. Stegodon ini diperkirakan hidup di Pulau Flores sekitar 4100 SM. Spesies Gajah purba ini hidup di banyak tempat di benua Asia selama zaman Pliosen dan Pleistosen, dan hidup di Indonesia pada zaman Holosen.
 
5. Tikus Pohon Raksasa Verhoeven
 

     Spesies tikus purba yang hanya dikenal lewat penemuan fosil ini dulu pernah hidup di Pulau Flores sebelum tahun 1500. Dinamai Verhoeven karena sesuai dengan nama penemunya yaitu seorang Pemimpin di Belanda yang bernama Theodor Verhoeven.