7 Hal Penting Mengenai Imlek Di China Yang Tidak Anda Ketahui

Demi menyambut datangnya Tahun Kuda Kayu ini sebagian besar etnis Tionghoa tengah sibuk menyiapkan amplop merah.
Tahukah Anda hal-hal apa saja yang berhubungan dengan perayaan tersebut? Berikut ulasannya:



imlek-di-china
1. Petasan
Petasan digunakan dalam perayaan ini. Hal tersebut dipercaya untuk menakut-nakuti monster yang akan mengacaukan perayaan Imlek. Dulunya, sebelum menggunakan petasan, etnis Tionghoa menggunakan batang bambu yang dibakar. Namun seiring perkembangan zaman, mereka menggantinya dengan petasan atau kembang api.
2. Orang China tak sebut Imlek
Penduduk asli china tidak menyebut perayaan ini dengan Imlek. Namun, mereka biasa menyebutnya dengan Festival Musim Semi. Tahun Baru biasanya ditentukan dengan kalender Lunar menurut kepercayaan mereka. Dari akhir Januari sampai pertengahan Februari, negara seperti Korea, Vietnam, Jepang, dan negara lainnya lah yang merayakan tahun baru Imlek.
3. Kemacetan di jalan-jalan
Perayaan ini pada dasarnya sama seperti perayaan Tahun Baru Masehi. Semua jalan ditutup dan diisi oleh lautan manusia yang bersuka cita menyambut Festival Musim Semi ini. Lalu lintas pun terpaksa dihentikan beberapa waktu hingga perayaan selesai. Pemerintah China berharap sebanyak 362 juta wisatawan akan memadati negaranya pada saat Imlek nanti.
4. Permen
Permen akan banyak ditemukan pada saat perayaan ini. Bukan hanya itu saja, makanan manis lainnya seperti gula-gula, manisan, dan puding beras juga akan nampak pada saat perayaan Imlek, baik sebelum maupun sesudahnya.
5. Tidak hanya satu hari
Perayaan ini tidak hanya berjalan selama satu hari, namun ber hari-hari. Bahkan, bisa sampai 15 hari ke depan dimulai dari 31 Januari 2014. Perayaan ini memang biasanya berakhir pada saat Valentine di pertengahan Februari mendatang.
6. Penyewaan pacar
Di China sendiri, bagi para single biasanya sudah mulai mencari-cari agen penyewaan pasangan untuk merayakan Imlek bersama. Bahkan, mereka sudah memasang iklan demi mendapatkan pasangan yang diidamkan. Jasa sewa pasangan sudah mulai marak dan sebuah situs terbesar, Taobao, memiliki jasa seperti ini dengan menawarkan beberapa paket. Paket ini dilengkapi dari pelukan gratis, memegang tangan, mencium di kening hingga pipi, bahkan sampai berciuman.
7. Warna merah
Warna ini merupakan warna wajib yang digunakan pada saat perayaan berlangsung hingga selesai. Etnis Tionghoa menganggap warna ini sebagai warna keberuntungan. Dan, bagi yang lahir di Tahun Kuda, sungguh sangat diwajibkan mengenakan warna ini pada perayaan Imlek nantinya. Hal tersebut dipercaya akan membawa keberuntungan.